Resmi Meluncur, Ini Perbedaan dan Kelebihan Samsung Galaxy Note5 dengan Galaxy Note 4

Friday, August 14th, 2015 - Teknologi

[ad_1]

Beberapa waktu lalu jagad dunia maya diributkan oleh rumor kehadiran Samsung Galaxy Note 5, baik dari bentuk yang diusung serta persenjataan yang dibawanya. Namun semua itu akhirnya terjawab sudah, karena Samsung sudah mengumumkan secara resmi detail dan spesifikasi yang diusung smartphone penerus Galaxy Note 4.

galnot5diff

Setelah diumumkan secara resmi peluncuran Samsung Galaxy Note5 beberapa jam yang lalu, ada yang berbeda, baik dari tampilan fisik maupun bahan material yang digunakan. Pada Samsung Galaxy Note5, kini sudah berbalutkan body yang merupakan perpaduan bahan kaca dan logam sehingga membuatnya nampak sangat elegan, dibandingkan dengan pendahulunya yang berbalutkan bahan plastik.

Body dan Layar

Screen shot 2015-08-14 at 10.54.21 AM

Untuk layar yang digunakan, keduanya masih sama menggunakan layar berukuran 5.7 inci Quad HD dengan resolusi sebesar 2560×1440 berkerapatan 518 ppi. Selain itu teknologi yang digunakan masih sama, yaitu menggunakan teknologi Super AMOLED. Namun yang menjadikannya berbeda dengan pendahulunya adalah, meskipun menggunakan ukuran layar yang sama, dimensi dari Samsung Galaxy Note5 terbaru ini lebih tipis dan lebih kecil, dengan tinggi 153.2mm, lebar 76.1mm, dan tebal 7.6mm. Dari beratpun Samsung Galaxy Note5 lebih ringan dengan berat keseluruhan 171 gram dibandingkan Galaxy Note 4 seberat 176 gram.

Hardware

Jeroan yang diusung oleh Samsung Galaxy Note5 ini juga sama sekali berbeda. Untuk prosesor atau chipset yang digunakan adalah Exynos 7420 octa-core dengan teknologi dual-cluster, yang mana memiliki 2 prosesor yang masing-masing memiliki kecepatan yang berbeda-beda, yaitu 2.1GHz untuk 4 inti utama, dan 4 inti lainnya sebesar 1.5GHz. Phablet ini sudah menggunakan teknologi 64-bit dengan fabrikasi 14nm yang membuatnya lebih efisien dalam penggunaan daya baterai tetapi tetap powerful dalam menjalankan berbagai aplikasi. Tentu spesifikasi yang dibawa sekarang berbeda dengan Samsung Galaxy Note 4 yang masih menggunakan chipset quad-core dan masih menggunakan fabrikasi 22nm meskipun sama-sama sudah mengusung arsitektur 64-bit.

Bicara soal RAM, Samsung Galaxy Note5 ini telah menggunakan RAM sebesar 4GB LPDDR4 yang mana diklaim lebih cepat namun dengan efisiensi daya yang rendah. Tidak seperti Galaxy Note 4 yang menggunakan RAM sebanyak 3GB LPDDR3. Sehingga dengan hadirnya RAM sebanyak 4GB, tidak perlu khawatir dalam menjalankan berbagai aplikasi karena Phablet ini siap diajak untuk multi-tasking.

Kamera

galnot5-5

Membahas kamera yang digunakan, keduanya sama-sama menggunakan kamera berkekuatan 16MP. Yang membedakan keduanya adalah teknologi yang diusung, Samsung Galaxy Note5 menggunakan Auto Smart HDR, Optical Image Stabilization, dan fitur Video Digital Image Stabilization, serta butuh 0.6 detik saja untuk menjalankan aplikasi kamera berkat fitur Quick Launch. Selain itu, dalam perekaman video, Samsung Galaxy Note5 ini sudah mendukung resolusi 4K, keren.

Sedangkan untuk kamera depan, Samsung Galaxy Note5 sendiri sudah ditanami kamera berkekuatan 5MP, berbeda dengan pendahulunya yang masih menggunakan 3MP. Dengan begitu, momen selfie Anda lebih menyenangkan. Tak kalah menarik juga terdapat fitur Live Broadcast yang mana Anda dapat merekam momen seru Anda dan saat itu juga dapat dinikmati di situs berbagi video, YouTube.

Baterai

galnot5-7

Baterai yang digunakan pada Phablet terbaru Samsung ini 3.000mAh, selisih 220mAh dari pendahulunya yang lebih tinggi, 3.220mAh. Namun uniknya baterai pada Samsung Galaxy Note5 tidak dapat dilepas, jadi baterai yang digunakan bermodelkan tanam. Sangat berbeda sekali dengan Samsung Galaxy Note 4 yang beterainya dapat dilepas. Fitur yang menarik adalah, adanya Fast Charging dan Wireless Charging. Dengan adanya fitur Fast Charging, hanya butuh waktu 90 menit untuk mengisi penuh kembali daya dari Samsung Galaxy Note5, dan 120 menit menggunakan Wireless Charging.

Kapasitas Penyimpanan

Terdapat 2 versi nantinya yang hanya berbeda pada kapasitas penyimpanan yaitu, sebesar 32GB dan 64GB dengan teknologi UFS 2.0. Teknologi yang diperkenalkan Samsung pada 2014 ini diklaim mampu memberikan kecepatan baca atau tulis dibandingkan dengan memori internal pada umumnya. Namun yang disayangkan adalah, pada Samsung Galaxy Note5 ini tidak disediakan slot microSD untuk menambah jumlah kapasitas penyimpanan. Berbeda dengan Galaxy Note 4 yang mampu ditambah dengan microSD sampai 128GB.

Konektivitas

Samsung Galaxy Note5 ini sudah mendukung jaringan 4G LTE, mirip dengan Galaxy Note 4. Hanya saja, yang digunakan pada Samsung Galaxy Note5 ini sudah mendukung jaringan 4G LTE kategori 9, yang mampu mencapai kecepatan unduh maksimal sebesar 450Mbit/s dan kecepatan unggah sebesar 50Mbit/s. Selain itu Samsung Galaxy Note5 ini juga dilengkapi dengan dual-band WiFi 802.11ac 2.4/5GHz yang mampu memberikan kecepatan hingga 620Mbps, juga telah menggunakan Bluetooth versi 4.2 LE ANT+. Tidak ketinggalan juga NFC yang ikut serta dibenamkan pada smartphone ini yang berfungsi juga untuk fitur Samsung Pay, yaitu fitur yang memudahkan dalam transaksi hanya dengan menggunakan sidik jari Anda.

Multimedia

Untuk menunjang aktifitas hiburan, Samsung menanami fitur Ultra High Quality pada saat sedang memutar lagu. Fitur ini mampu memberikan suara yang lebih jernih, didukung dengan headset yang kompatibel. Untuk memutar video, tidak perlu khawatir karena disokong dengan hardware yang mumpuni, Samsung Galaxy Note5 ini mampu memainkan video hingga resolusi 4K.

galnot5--8

Seperti pada seri Galaxy Note yang lain, pada seri terbaru ini S-Pen juga turut disediakan. S-Pen sendiri memudahkan Anda dalam mengakses perangkat ini, kemudahan menyunting atau menandai dokumen dengan sekali seret saja, menyalin teks baik dalam dokumen atau maupun saat sedang berselancar menggunakan web browser, dan aktifitas lainnya.